:: Sedikitnya lima orang tewas, Minggu (7/10), di kota kecil di daerah utara, negara bagian Wisconsin, AS, setelah seorang pria melepaskan tembakan secara membabi-buta :: Satu lukisan karya seniman Impresionis asal Prancis, Claude Monet, rusak parah oleh para pengacau yang membobol masuk ke dalam Musee d'Orsay pada malam hari di Paris, ungkap kementerian kebudayaan Prancis :: Sejumlah orang dilaporkan cedera Minggu ketika sebuah bom yang disimpan di dalam tempat sampah meledak di dekat sebuah stasiun feri di distrik Avcilar, Istanbul :: Sedikitnya 48 gerilyawan pro-Taliban dan 20 prajurit tewas Minggu dalam pertempuran hebat di kawasan suku Pakistan yang berbatasan dengan Afghanistan, demikian diumumkan militer :: PT Kereta Api (KA) untuk pertama kali pada tahun ini memberangkatkan rangkaian kereta api yang mengangkut penumpang program mudik gratis :: Harga minyak dunia saat ini sudah mencapai lebih dua kali lipat dari harga tahun 2003 sekitar USD30/barel :: Anggota TNI Angkatan Darat dari satuan Brigade Infanteri (Brigif) yang bertugas di Timika, ibukota Kabupaten Mimika, Papua, Minggu sekitar Pkl 20.00 WIT menyerang Pos Polisi Lalulintas di Jl Setia Budi, jantung kota Timika :: Partai Persatuan Pembangunan tak mengkhawatirkan hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) yang menyebut partai berbasis Islam Islam akan mengalami penurunan perolehan suara pada pemilihan umum 2009 :: Mantan Ketua MPR Amien Rais menilai pembicaraan tentang calon presiden 2009 saat ini masih terlalu dini ::

Breaking News !!

Jakarta (ANTARA News) - Mantan Ketua MPR Amien Rais menilai merosotnya popularitas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berdasarkan survei dalam tiga tahun terakhir ini adalah karena rakyat semakin sadar dengan kepemimpinannya yang tidak banyak memberi perubahan.

02 Oktober 2007

Tragedi Bhopal, India ( 1984 )

Foto : Suraj, 10 tahun sangat menderita akibat tragedi Bhopal, tidak bisa berjalan, tidak bisa berbicara.

Tragedi Bhopal pada 1984 adalah musibah industri terburuk dalam sejarah dunia. Ia diakibatkan pengeluaran 40 metrik ton metil isosianat (MIC) secara tak sengaja dari pabrik pestisida Union Carbide yang terletak di kota Bhopal, di negara bagian Madhya Pradesh di India.

Pabrik tersebut dibuka pada 1969 dan diperluas untuk menghasilkan karbaril pada 1979. MIC merupakan perantara dalam pemhasilan karbaril.

Kecelakaan ini langsung menewaskan ribuan jiwa dan melukai antara 150.000 hingga 600.000 lainnya—15.000 di antaranya kemudian meninggal dari luka-luka tersebut. Ada yang menyebutkan jumlah kematian yang lebih tinggi.

Penyebabnya adalah dimasukkannya air ke dalam tangki-tangki berisi MIC. Reaksi yang kemudian terjadi menghasilkan banyak gas beracun dan memaksa pengeluaran tekanan secara darurat. Gasnya keluar sementara penggosok kimia yang seharusnya menetralisir gas tersebut sedang dimatikan untuk perbaikan. Penyelidikan yang dilakukan menyatakan bahwa beberapa langkah keselamatan lainnya tidak dijalankan dan standar operasi di pabrik tersebut tidak sesuai dengan standar di pabrik Union Carbide lainnya. Selain itu, ada kemungkinan langkah-langkah keselamatan tersebut dibiarkan sebagai bagian dari "prosedur penghematan" yang dilakukan perusahaan tersebut di pabrik itu.

Sebuah penyelidikan BBC pada 2004 kemarin memastikan bahwa kontaminasi masih terus berlangsung sampai sekarang.

Tidak ada komentar: